Apa Itu Root Android, Apa Saja Keuntungan Dan Kerugiannya ?

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan root Android ? Aktifitas rooting smartphone Android diibaratkan sebagai jail breaking, apa keuntungan dan kerugian dari aktifitas rooting ini ? Simak yuk !

Penggunaan smartphone Android dari hari ke hari semakin mengalami penigkatan. Aktifitas tweaking Android yang dilakukan oleh para expert maupun pengguna reguler semakin meningkat yang mana merupakan sebuah indikasi ketertarikan terhadap sistem operasi yang bersifat open source ini. Aktifitas tersebut lazimnya disebut dengan root Android atau rooting android. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan root Android ?
apa yang dimaksud root android
androiddelta.com

Root Android dan Hak Akses Administrator

Root Android atau rooting Android merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas yang mana pengguna diijinkan untuk melakukan pengubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang tedapat dalam Android OS.

Kata root sebenarnya mengacu pada superuser yang merupakan administrator dalam semua sistem operasi yang berbasis Linux termasuk Android. Akun adminisrator tersebut memiliki akses penuh terhadap sistem, dimana pengguna tersebut dapat melakukan hal apapun layaknya sang developer sejati. Dalam hal ini, aktifitas sekecil apapun yang merujuk pada pengubahan sistem operasi Android oleh root maka superuser tersebut dapat dikategorikan sebagai developer.
keuntungan dan kerugian root android
Aktifitas rooting memang diperbolehkan dikarenakan sistem operasi Android bersifat open source alias sumber terbuka. Dengan kata lain setiap orang dapat berkontribusi untuk menjadi Android developer dan melakukan perubahan secara mutlak. Namun bagaimanapun aktifitas ini memiliki keuntungan dan kerugian terlebih jika user belum berpengalaman dalam hal tersebut.

Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android

Rooting Android memang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan tweaking terhadap sistem operasi Android. Namun hasil akhir aktifitas rooting yang dilakukan tergantung pada kemampuan pengguna untuk mengkustomisasi sistem dimana hasilnya dapat berupa peningkatan kinerja atau bahkan malfungsi. Dan berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dari aktifitas rooting.

Keuntungan Rooting Android

  1. Akses tak terbatas pada sistem operasi Android yang mana user dengan hak akses 'root' dapat dengan leluasa melakukan pengubahan apapun layaknya developer.
  2. Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna maupun menambah aplikasi yang tidak disertakan oleh developer Android.
  3. Pengendalian aplikasi lengkap, termasuk melakukan backup aplikasi dan sistem, pemulihan sistem, sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau factory reset, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi.
  4. Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi sehingga pengguna yang memiliki kemampuan di bidang developing dapat membuat versi Android secara personal.
  5. Kemampuan mengkustomisasi tema secara penuh, yang berarti bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan tema dapat diubah seperti warna indikator baterai, tampilan dialer atau daftar kontak, serta video yang diputar saat boot up perangkat Android.
  6. Kontrol penuh dari CPU dan kernel sehingga pengguna dapat melakukan Overclock prosesor perangkat Android sehingga kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

Kerugian Rooting Android

  1. Menghilangkan / membatalkan garansi produk perangkat Android.
  2. Penyalahgunaan hak akses root dapat menyebabkan malfungsi pada perangkat Android.
  3. Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja sistem Android.
Rooting pada sistem operasi Android memang diijinkan mengingat lisesnsi dari sistem operasi si robot hijau tersebut merupakan open source. Namun ada baiknya pikir-pikir terlebih dahulu sebelum melakukan proses rooting terutama perihal garansi yang dapat hilang / batal dikarenakan aktifitas rooting ini.

Keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi sesudah proses rooting merupakan tanggungan setiap pengguna dimana pihak vendor sama sekali tidak memiliki kewajiban apapun terkait aktifitas rooting. Maka dari itu pertimbangkan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian rooting Android dengan bijak.
Apa Itu Root Android, Apa Saja Keuntungan Dan Kerugiannya ?
4/ 5
Oleh