Apa Itu Android Bootloop Dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Pernahkah kalian mendengar istilah Android bootloop ? Bagaimana cara mengatasi smartphone Android yang mengalami bootloop ? Ikuti terus bahasan berikut ini !

Bagi para pengguna Android yang sudah expert atau setidaknya sudah lumayan lama menggunakan perangkat Android baik itu tablet maupun smartphone pasti sudah tak asing dengan istilah bootloop. Mungkin ada juga sebaggian pengguna yang sudah mengetahui apa yang diamksud dengan bootloop namun belum pernah mengalaminya.
apa yang dimaksud dengan android bootloop
www.android.gs

Apa yang Dimaksud Dengan Android Bootloop ?

Istilah bootloop jika diterjemahkan berdasarkan asal katanya merupakan gabungan dari kata 'boot' = menghidupkan perangkat (gadget maupun PC) dan 'loop' = berulang / pengulangan. Jadi bootloop dapat diartikan sebagai proses boot / startup yang berulang atau reboot dengan sendirinya tanpa memasuki sistem secara kontinyu.

Bootloop pada Android sendiri memang merupakan proses atau bisa disebut kegagalan sistem. Dimana saat kita menghidupkan perangkat Android dan masuk pada bootscreen tetapi sistem tidak berjalan seperti selayaknya sehingga yang terjadi selanjutnya adalah restart dan sistem kembali ke awal lagi sebelum sempat masuk ke menu utama.

Penyebab bootloop bisa beragam, hal tersebut dapat disebabkan oleh beratnya sistem atau cache yang penuh akibat banyaknya aplikasi yang terinstal atau adanya masalah pada aplikasi tertentu. Penggunaan aplikasi yang terlalu lama dan terlampau sering dapat mengakibatkan perangkat Android 'lelah' dan kesulitan melakukan booting sehingga perlu penyegaran / refresh. Proses rooting juga dapat menyebabkan terjadinya bootloop jika proses root yang anda jalankan tidak sesuai prosedur atau terjadi malfungsi.

Macam-Macam Tingkatan Bootloop Pada Android Dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi android bootloop
Bootloop pada Android dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor penyebab yang berbeda. Oleh sebab itu tingkatan kerusakan yang mengakibatkan terjadinya bootloop juga beragam. Bootloop ringan dapat diatasi dengan cara mudah, namun bootloop yang disebabkan oleh malfungsi akibat kesalahan prosedur dapat berakibat fatal dan bahkan mengharuskan proses instalasi ulang sistem Android anda. Berikut adalah macam-macam tingkatan bootloop besrta penyebabnya disertai langkah yang dapat diambil sebagai solusi.

  • Android Light Bootloop atau Bootloop Ringan

Bootloop ringan terjadi dikarenakan cache yang penuh sehingga sistem Android mengalami 'kelelahan' dan membutuhkan penyegaran atau refresh. Penyebab bootloop ini biasanya terjadi saat kita menggunakan suatu aplikasi atau game dalam waktu yang lama secara terus menerus, menginstal aplikasi tertentu atau terdapat masalah pada aplikasi sehingga menyebabkan error.

Solusi untuk masalah ini cukup mudah, pada smartphone Android cukup dengan mematikan / turn off dan cabut baterainya beberapa saat dan pasang kemudian hidupkan kembali. Sedangkan pada gadget yang berbentuk tablet dimana baterai terpasang secara permanen / non-removable atau juga pada smartphone jika cara sebelumnya tidak berhasil, langkah yang diambil yaitu dengan cara melakukan proses 'wipe user data' atau factory reset melalui Android System Recovery.

  • Android Medium Bootloop atau Bootloop Tingkat Menengah

Bootloop tingkat menengah biasanya terjadi karena kesalahan prosedur yang diakibatkan oleh proses rooting. Biasanya kegagalan sistem seperti ini terjadi jika pengguna melakukan tweaking secara berlebihan, seperti mengotak-atik sistem Android, melakukan kustomisasi tema, modifikasi bootscreen dan sebagainya sehingga terjadi malfungsi. Medium bootloop termasuk pada kerusakan tingkat menegah dimana pengguna masih bisa melakukan reset dari dalam sistem Android karena biasanya System Recovery masih dapat diakses.

Solusi untuk masalah seperti ini yaitu dengan masuk ke menu Android System Recovery dan lakukan factory reset sehingga sistem kembali seperti semula. Solusi lainnya yaitu jika anda pernah melakukan backup maka kita dapat melakukan proses restore dengan menggunakan file recovery melalui bantuan PC yang berbasis Windows. Jika kita tidak memiliki file recovery maka kita dapat menggunakan file dari pengguna lain namun dengan syarat harus memiliki perangkat dengan tipe yang sama serta versi Android yang sama persis.

  • Android Hard Bootloop atau Bootloop Tingkat Fatal

Bootloop yang fatal biasanya terjadi jika user melakukan aktifitas root dan tweaking secara berlebihan. Seperti mengubah atau menghapus elemen android dan file penting yang dibutuhkan oleh sistem Android dan tidak dapat di-recover atau dipulihkan. Serangan virus atau program jahat lainnya juga dapat menjadi penyebab error tersebut.

Solusi untuk masalah seperti ini cukup rumit dimana kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan fatal. Kerusakan seperti ini mengharuskan sistem Android di instal ulang, dan sebelumnya kita harus mengetahui secara detail perangkat yang kita gunakan karena proses yang ditempuh akan berbeda untuk setiap tipe perangkat. Untuk mengatasi kerusakan seperti ini disarankan untuk menghubungi ahli servis atau pelajari terlebih dahulu proses flashing jika ingin memperbaikinya sendiri.


Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan bootloop pada Android dan bagaimana cara mengatasinya, setidaknya kita tidak panik saat menghadapi masalah tersebut. Dan jika kita merasa awam terhadap perbaikan yang melibatkan prosedur teknis maka sebaiknya gunakan perangkat Android secara normal dan wajar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Apa Itu Android Bootloop Dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?
4/ 5
Oleh

1 komentar:

28 Mei 2015 20.04 delete

wah ternayata cara nya sangat mudah ya gan

Reply
avatar