5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu

Membedakan iPhone Asli (Original) dengan Replika atau Palsu - Pengguna fanatis iPhone pasti sudah mengetahui bagaimana cara membedakan produk Apple yang asli atau original dengan produk KW atau replika.

Mengingat sekarang semakin banyak beredar iPhone palsu yang penampilannya secara sekilas sangat mirip dengan aslinya, kalian yang berencana hendak membeli produk Apple ini hendaknya berhati-hati jangan sampai dikibuli oleh pelanggan nakal.

Dan kalian yang sudah memiliki iPhone juga bisa mengecek keaslian perangkat yang kalian miliki dengan beberapa langkah mudah berikut ini.
5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
Sebelumnya, saya tidak bermaksud mendiskriminasikan pengguna perangkat tertentu.

Kita tahu bahwa semuanya kembali kepada pilihan pengguna itu sendiri.

Baik itu iPhone asli ataupun iPhone KW memang diciptakan dan ditujukan untuk market yang berbeda.

Dan membeli/memiliki iPhone KW juga tidak ada salahnya selama kita tahu bahwa produk tersebut adalah barang KW dan kita membayar dengan sepantasnya harga barang KW.

Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Replika


Pembahasan kita kali ini sekedar untuk memberikan gambaran dan menghindari kecurangan yang mungkin saja bisa kita alami.

Beberapa cara berikut dapat kita aplikasikan pada saat kita hendak membeli iPhone terutama jika kita membelinya di tempat non-authorized Apple reseller dan barang tersebut dalam kondisi second.

Jika iPhone dalam kondisi baru, ini akan berguna untuk mengecek keaslian produk yang kita terima, jika tidak memenuhi syarat sebagaimana ciri-ciri iPhone asli maka kita bisa mengajukan klaim kepada pihak penjual.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk membedakan antara iPhone Asli dengan iPhone replika alias KW.

Cekidooot.

1. Apple iPhone Asli Menggunakan Material Kelas Premium

Apple iPhone asli ditujukan untuk target market kelas menengah ke atas dan hanya diproduksi dengan satu versi penggunaan material, sehingga material yang digunakan benar-benar premium dan eksklusif.

Kasarnya, tidak ada iPhone asli yang dilepas ke pasaran dalam versi metal dan versi plastik.
5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
Dengan begitu, kita bisa membedakan iPhone hanya dengan memainkan 'feeling'.

iPhone asli akan terasa mantap di genggaman dan terkesan kokoh dengan body yang terbuat dari bahan logam serta kaca berkualitas tinggi.

2. Apple iPhone Asli Menggunakan Retina Display

5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
Retina Display adalah merk dagang yang digunakan oleh Apple untuk perangkat layar yang mereka gunakan.

Layar ini memiliki kepadatan piksel (pixel density) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan layar yang digunakan pada iPhone replika dan beberapa versi iPhone terdahulu.

Pada iPhone itu sendiri, penggunaan Retina Display dimulai semenjak peluncuran iPhone 4 dan iPod generasi keempat.

Retina Display memiliki tampilan yang jernih dengan matriks-matriks piksel yang sangat halus.

Karena ukurannya yang sangat halus/kecil matriks-matriks tersebut hanya akan kentara jika kita memperhatikannya dari jarak yang sangat dekat (kurang dari jarak baca ideal) atau hanya jika kita menggunakan alat seperti kaca pembesar.

Dan iPhone KW biasanya menggunakan layar yang memiliki 'pixel density' yang lebih rendah sehingga matriks-matriks piksel masih dapat terlihat dengan jelas.

Jadi, hanya dengan memperhatikan layar iPhone yang kita gunakan, kita bisa membedakan apakah sebuah perangkat yang secara penampilan menyerupai iPhone tesebut memang iPhone asli ataukah KW.

3. Apple iPhone Asli Mampu Melakukan Pengambilan Screenshot Melalui Tombol Tertentu

5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
Pengguna fanatis iPhone pasti sudah pada mengetahui cara sepele ini.

Pengambilan screenshot pada iPhone, iPod touch serta iPad dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol Lock serta Home button secara bersamaan.

Dan uniknya, hanya produk Apple (iPhone, iPod dan iPad) yang mampu melakukannya dengan cara ini.

Jika perangkat yang secara fisik menyerupai iPhone tidak mampu mengambil screenshot dengan cara ini maka keasliannya sangat diragukan.

4. Apple iPhone Asli Hanya Terhubung Dengan App Store

5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
Seperti kalian tahu, setiap sistem operasi mobile memiliki apps market masing-masing seperti iOS dengan App Store, Android dengan Google Play, Windows dengan Windows Phone Store.

Dan faktanya, diantara mereka tidak ada satupun yang bakal nyasar ke apps market tetangga.

Jika kita hendak mengunduh aplikasi untuk iPhone dan malah nyasar ke apps market yang lain berarti iPhone yang kita gunakan adalah replika alias KW.

5. Apple iPhone Asli Terdeteksi Oleh iTunes

5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
Seperti Windows Phone yang hanya dapat tersinkronisasi dengan Zune, iPhone asli dengan iOS-nya juga hanya dapat tersinkronisasi dengan iTunes baik versi Mac maupun versi Windows.

iTunes dapat mengenali perangkat yang terhubung dengannya serta menampilkan data-data spesifik.

Jika perangkat iPhone yang kita miliki tidak dapat dikenali dan tersinkronisasi dengan iTunes, bisa jadi iPhone tersebut adalah replika atau paling tidak mengalami kerusakan.

Perbedaan Harga iPhone Asli dengan KW

Jika kita membeli iPhone dari penjual yang terpercaya walaupun bukan dari authorized Apple reseller tentunya kita sudah bisa mengetahui hanya dari harga yang harus kita bayarkan.

Apple iPhone yang asli ditujukan untuk target market menengah ke atas, sehingga banderol yang ditawarkan pun tentunya lebih tinggi mengingat material yang digunakan pun berkelas premium dan eksklusif.

Jika iPhone ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah bahkan dari iPhone refurbish, berarti iPhone tersebut dapat dipastikan bukanlah iPhone asli.

Yang perlu kita waspadai adalah penjual nakal yang menawarkan iPhone dengan harga iPhone standar sementara barang yang ditawarkan adalah barang KW ataupun barang rekondisi.

Tapi tak usah kuatir, jika kita membelinya dari penjual yang terpercaya sekalipun bukan dari authorized Apple reseler maka kita tidak perlu was-was yang penting tetap waspada dan jangan tergiur dengan embel-embel diskon.

Cek Daftar Harga iPhone Original Di Sini

Tips Membeli iPhone


Untuk menghindari penipuan dan kecurangan penjual nakal, hendaknya kita berhati-hati bukan hanya ketika membeli iPhone melainkan setiap melakukan transaksi.

Untuk menjamin keaslian produk Apple, alangkah baiknya jika kita membeli iPhone di tempat yang berstatus sebagai authorized Apple reseller.

Jika membeli iPhone dari non-authorized Apple reseller, pastikan toko tempat kita membelinya memiliki kelayakan seperti lokasi toko yang layak dan buka setiap hari kerja.

Jika kita hendak membeli via layanan online, hendaknya kita membeli dari website yang terpercaya seperti market place yang memberlakukan rekening bersama sehingga kepercayaan dapat terjalin.

Alangkah lebih baik jika kita membelinya dari layanan online yang memiliki badan hukum yang jelas.

Hindari pembelian dari penjual perorangan terkecuali melalui perantara market place yang jelas untuk menghindari kecurangan yang mungkin saja sewaktu-waktu dapat kita alami.

Kita juga bisa mengajak teman yang sudah berpengalaman menggunakan iPhone, dengan begitu kita bisa membandingkannya secara langsung antara iPhone yang benar-benar asli dengan iPhone yang kita pertanyakan keasliannya.

Semoga bermanfaat ya !
5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dengan KW atau Palsu
4/ 5
Oleh