Inilah 10 Fitur Unggulan Android Lollipop Terbaru

Android Lollipop disebut-sebut memiliki beberapa fitur unggulan terbaru, apa saja fitur unggulan dan kelebihan sistem operasi Android Lollipop ? Simak disini ya !

Google memang senang berinovasi dan menemukan hal-hal baru, ide-ide kreatifnya dapat terlihat yang salah satunya tertuang dalam sistem operasi fenomenal Android. Setiap kali melakukan rilis Android versi terbaru, Android selalu dijejali dengan fitur terbaru pula. Hal yang paling mencolok adalah tampilan atau antarmuka yang selalu baru setiap Android mengeluarkan rilis versi terbaru.
fitur unggulan android lollipop
googleblog.blogspot.com
Tak terkecuali Android terbaru yakni Android 5.0 Lollipop dengan patch terakhir yakni versi 5.1.  Ada yang dua hal menarik menurut saya, yaitu mengenai antarmuka Material Design dan Project Volta yang mampu mengoptimalkan dan menghemat daya baterai. Selengkapnya, berikut ini adalah 10 fitur unggulan yang disertakan dalam rilis Android Lollipop.

10 Fitur Unggulan Android Lollipop Rilis Terbaru

  1. Android Runtime (ART). ART adalah sebuah aplikasi runtime environment yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk menggantikan Dalvik, yang merupakan proses mesin virtual yang selama ini digunakan oleh Android, dan melakukan transformasi aplikasi bytecode menjadi native instructions yang kemudian dieksekusi oleh runtime environment perangkat Android.
  2. Dukungan CPU 64-Bit. Android terbaru yakni Lollipop mendukung CPU dengan instruction set 64 bit yang mampu memberikan kinerja maksimal penggunaan memori sistem.
  3. OpenGL ES 3.1 dan Android Extension Pack (AEP). Mendukung Graphic Processing Unit (GPU) untuk melakukan render visual dengan lebih baik.
  4. Mendukung Pratinjau Cetak. Memuangkinkan pengguna malakukan pratinjau sebelum melakukan pencetakan dokumen ataupun halaman web.
  5. Material Design. Tampilan atau user interface terbaru dengan nama kode quantum paper yang memiliki kesan elegan dan modern. Layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding, dan depth effects seperti pencahayaan dan bayangan.
  6. Project Volta. Memungkinkan pengoptimalan penggunaan baterai sehingga Android Lollipo diklaim lebih ramah sumber daya baterai.
  7. Audio input dan output kini dimungkinkan melalui sebuah perangkat USB yang mendukung fitur tersebut.
  8. Dukungan  15 bahasa baru yakni Basque, Bengali, Burmese, Chinese (Hong Kong), Galician, Icelandic, Kannada, Kyrgyz, Macedonian, Malayalam, Marathi, Nepali, Sinhala, Tamil dan Telugu.
  9. Tap and Go, memungkinkan pengguna untuk bermigrasi ke perangkat Android baru dengan cepat, menggunakan Near Field Communication (NFC) dan Bluetooth untuk mentransfer rincian Akun Google, pengaturan konfigurasi, data pengguna dan aplikasi yang terinstal.
  10. Perlindungan perangkat, jika perangkat hilang atau dicuri maka sistem Android akan tetap terkunci sampai pemilik melakukan sign-in ke akun Google mereka, bahkan jika perangkat diatur ulang ke pengaturan pabrik.
Itulah 10 fitur unggulan yang bisa anda dapatkan dari Android versi terbaru Lollipop 5.1. Sebenarnya masih ada banyak fitur unggulan yang disertakan namun kesepuluh fitur tersebut merupakan fitur yang paling kentara dan update yang bersifat major. Sehingga pengguna dapat merasakan perubahan yang berarti / signifikan setiap kali Android mengeluarkan versi terbaru.
sumber : wikipedia.org
Inilah 10 Fitur Unggulan Android Lollipop Terbaru
4/ 5
Oleh