Cara Mudah Root Smartphone Android Lollipop Menggunakan Kingo Android Root

Ada cara mudah root smartphone Android Lollipop, dengan bantuan PC kalian bisa menggunakan Kingo Android Root. Cukup dengan beberapa klik, walau kalian tidak mengetahui cara root Lollipop sebelumnya, kalian dapat melakukannya sendiri dengan mudah !

Smartphone Android semakin menjamur bak cendawan di musim hujan. Hal tersebut tak lepas dari popularitas Android yang terus menanjak bahkan menggeser eksistensi beberapa OS mobile yang telah eksis sebelumnya.

Penggunaan smartphone Android kini tak sebatas pada penggunaan reguler semata, banyak pengguna yang melakukan tweaking smartphone mereka dengan cara melakukan root terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi yang menawarkan proses rooting perangkat Android. Dari mulai aplikasi PC yang berbasis Windows sampai aplikasi Android yang dapat dijalankan langsung dari gadget sehingga kalian dapat dengan mudah menjalankan proses root smartphone Android. Dan pada tulisan kali ini kita akan membahas secara khusus mengenai cara root smartphone Android Lollipop melalui PC menggunakan Kingo Android Root dari KingoApp.

Salah satu aplikasi rooting berbasis PC yang populer adalah Kingo Android Root. Kingo Android Root cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna Android untuk melakukan proses rooting dan aplikasi ini dapat diunduh langsung dari http://www.kingoapp.com secara gratis dengan ukuran file installer kurang dari 18MB.
cara root android lollipop
www.kingoapp.com
Setelah file installer selesai di download kalian harus menginstalnya terlebih dahulu di PC. Tidak sulit, hanya tinggal klik dua kali file installer (executable) android_root.exe dan ikuti instruksinya sampai selesai.

Catatan : pada Windows 8, instalasi driver terkadang mengalami masalah pada driver signature yang membutuhkan proses disable pada opsi startup. Masalah ini dapat diatasi dengan modifikasi startup sehingga ketidak-sesuaian pada driver akan diabaikan. Setting untuk opsi "Disable driver signature enforcement" akan kita bahas pada penghujung tulisan ini.

Cara Mudah Root Smartphone Android Lollipop Menggunakan Kingo Android Root Dari KingoApp

Untuk dapat melakukan proses rooting melalui PC menggunakan Kingo Android Root, terlebih dahulu kita diharuskan untuk mengaktifkan fitur "USB Debugging Mode" dari smartphone Android Lollipop kalian. "USB Debugging Mode" dapat diaktifkan dengan mengaktifkan terlebih dahulu "Developer Option". Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Mode Pada Android Lollipop

  1. Ketuk Menu > App Drawer > Settings
  2. Setelah masuk ke menu Settings, gulir ke bawah dan temukan opsi About Phone. Settings > About Phone
  3. Pada sub menu About Phone, lihat ke bawah pada opsi Build Number yang merupakan seri OS Android kalian. About Phone > Build number > ketuk dan tahan selama kurang lebih 7 detik sampai muncul pemberitahuan "You are now developer!".
  4. Kini opsi Developer Option telah diaktifkan, aktifkan USB Debugging dari menu Developer Option melalui Settings > Developer Options > USB Debugging
  5. Centang USB Debugging untuk mengaktifkan fitur debugging via USB pada Android 5.0 Lollipop.
  6. Untuk mengecek aktif atau tidaknya USB Debugging, lihat pada icon di pojok kiri atas pada notification bar yang menandakan USB Debugging sedang / telah aktif.
cara set usb debugging mode
www.kingoapp.com
Setelah USB Debugging aktif, sekarang saatnya hubung-menghubungkan antara perangkat Android Lollipop kalian dengan PC. Untuk memulainya tentu saja jalankan terlebih dahulu Kingo Android Root yang telah terinstal di PC.

Cara Mudah Root Android Lollipop Menggunakan Kingo Android Root

  • Jalankan Kingo Android Root.
  • Hubungkan device / smartphone / tablet Android Lollipop kalian dengan PC menggunakan kabel data yang biasanya disertakan dalam paket penjualan. Pada langkah ini, smartphone Android Lollipop kalian akan meminta konfirmasi mengenai sambungan dan pertukaran data terhadap komputer. Centang "Always allow from this computer" dan ketuk OK.
  • Jika semua proses berjalan lancar, smartphone kalian akan terdeteksi oleh Kingo Android Root. Disana akan terdapat keterangan mengenai progress mode dan root status. Baca terlebih dahulu notifikasi yang ditampilkan dan pastikan semuanya sudah sesuai dengan prosedur.
  • Setelah dirasa semua persiapan sesuai prosedur, klik ROOT. Pada tahap ini harap diperhatikan mengenai hal-hal berikut : Hindari menyentuh, memindahkan apalagi mengoperasikan perangkat / smartphone dan kabel data saat progres sedang berlangsung untuk menghindari kegagalan yang diakibatkan diskonek-nya kabel data. Kegagalan progres rooting bisa mengakibatkan device kalian menjadi malfungsi atau hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jika progress telah selesai dan menampilkan pesan "Root Succeeded!" berarti kalian telah berhasil melakukan rooting smartphone Android Lollipop kalian. Restart smartphone kalian untuk menyimpan perubahan.
  • Untuk lebih memastikannya, cek pada smartphone dan disana akan terdapat aplikasi SuperSU yang sudah terinstal secara otomatis selama proses rooting.
allow usb debugging
www.kingoapp.com
device not connected
www.kingoapp.com
kingo android root initializing device
www.kingoapp.com
kingo android root rooting device
www.kingoapp.com
kingo android root succeeded rooting device
www.kingoapp.com

Penanganan Kesalahan / Troubleshooting Driver Installation Looping pada Windows 8

Menurut pihak pengembang yang merupakan developer dari Kingo Android Root, aplikasi ini berjalan dengan proper pada Windows 7 namun memiliki sedikit masalah pada Windows 8. Entah itu karena belum dikeluarkannya patch atau mungkin belum tersedia versi terbaru untuk Wndows 8.1.

Kesalahan yang biasanya terjadi adalah error Driver Installation Looping pada Windows 8. Error ini terjadi saat proses instalasi driver dan mengakibatkan pengulangan atau looping (instalasi yang tak kunjung finish). Untuk mengatasi Driver Installation Looping ternyata cukup mudah, seperti langkah berikut ini.
  1. Restart komputer dengan cara klik Charm bar dan klik icon Power. Tekan dan tahan Shift sambil klik pilihan Restart. Tujuan dari cara ini adalah untuk menampilkan Advanced Startup Options pada Windows 8. Biarkan PC merestart.
  2. Setelah muncul Boot Options menu, pilih pilihan Troubleshoot.
  3. Pada menu Troubleshoot, pilih Advanced Options. Klik pada Windows Startup Settings > klik Restart.
  4. Setelah proses restart, pada Startup Settings akan terdapat pilihan dari 1 sampai 9 yang diwakili dengan tombol F1-F9. Disini kita akan melakukan disable pada opsi "Disable driver signature enforcement" yang terdapat pada pilihan ke 7. Maka tekanlah F7.
  5. Selesai sudah.
startup option

troubleshoot option

advanced option

windows startup setting

startup setting option
Penggunaan Kingo Android Root adalah salahsatu cara root Android Lollipop dengan menggunakan bantuan PC. Masih ada banyak cara dengan menggunakan aplikasi / program berbeda dengan langkah yang berbeda pula. Semoga tutorial kali ini dapat membantu sobat sekalian dan dapat bermanfaat.

Sumber : www.kingoapp.com
Cara Mudah Root Smartphone Android Lollipop Menggunakan Kingo Android Root
4/ 5
Oleh

1 komentar:

11 Juli 2015 09.34 delete

maap ckram bar itu apa yah....

Reply
avatar